Selasa, 28 Februari 2012

Sakit Mata Konjungtivitis

Jenis penyakit sakit mata bisa ditentukan banyak penyebabnya. Ada banyak jenis penyakit sakit mata. Ada yang mengalami sakit mata karena alam. Ada yang sakit mata karena turunan. Ada juga yang sakit mata karena salah dalam hal makan atau diet makan. Jenis penyakit sakit mata bisa ditemukan penyebabnya. Salah satu jenis penyakit mata adalah Konjungtivitis (menular)
Jenis penyakit sakit mata  konjungtivitis merupakan dampak dari iritasi/peradangan akibat infeksi pada bagian selaput yang melapisi mata. Sakit mata ini karena gejalanya mata memerah, terasa nyeri, berair, gatal, keluar kotoran (belekan), dan penglihatan (kabur). Jenis penyakit sakit mata ini  mudah menular dan bisa berlangsung hingga berbulan-bulan.  Jenis Penyakit Sakit Mata ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :
  • Sakit mata karena seperti infeksi virus atau bakteri, 
  • Sakit mata karena alergi (debu, serbuk, bulu, angin, atau asap), 
  • Sakit mata karena penggunaan lensa kontak yang kurang bersih, 
  • Sakit mata karena pemakaian lensa kontak jangka panjang.
Jenis penyakit sakit mata ini bisa juga menyerang para bayi. Biasanya penyakit mata yang menyerang bayi karena lorong jalan keluar bayi saat dilahirkan. Penyakit sakit mata ini timbul karena infeksi. Penyakit sakit mata ini disebut konjungtivitis gonokokal. Daerah yang mengalami banyak ditemukan kuman dan bakteri yaitu rahim hingga vagina. .

Cara Pencegahan dan Penanganan  Sakit Mata Konjungtivitis

Ada banyak cara dan tips dalam  menangani sakit mata konjungtivitis. Berikut cara penanganannya yaitu: 
  • Pada mata yang sakit, kompres mata dengan air bersih hangat.
    Jangan lupa gunakan obat tetes mata atau salep antibiotika sesuai resep dokter. Minum obat tablet untuk pencegah iritasi yang diberikan dokter. Minta suntikan untuk mengurangi iritasi dan gatal pada mata.
  • Usai pemberian salep, bersihkan tangan sebelum mengoleskan salep agar tak menimbulkan iritasi lebih parah.
  • Usahakan agar penyakit ini tidak menyebar pada orang lain, misalnya memisahkan alat-alat yang digunakan dan tidak digunakan oleh orang lain.

0 komentar: